Tuesday, September 15, 2009

Meningkatkan rasa percaya diri

Kadang kita berada pada kondisi dimana rasa percaya diri kita rendah, sehingga kita merasa enggan atau tidak mampu utk melakukan sesuatu. Hal ini biasanya terjadi jika kita berada diluar dari comfort zone kita. Atau bisa juga pada saat kita sendiri atau merasa sendiri.
Rasa percaya diri yg rendah jika dibiarkan terus - menerus akan dapat menimbulkan pengaruh yg negatif buat kita. Selain itu secara kesehatan katanya dapat menciutkan volume otak kita. Banyak hal yg seharusnya dapat kita raih akan menjauh gara - gara penyakit yg satu ini.
Hal - hal yg terkait dg rasa percaya diri yg rendah:
- Merupakan sumber penundaan, dimana kita akan dapat melihat org tsb seringkali menunda pekerjaannya atau melakukannya tanpa keyakinan. Alasannya karena tidak siap atau kurang persiapan. Inilah yg seringkali dilakukan oleh org tsb utk menutupi rasa percaya dirinya yg rendah.
-Penyebab rendahnya motivasi. Org dg rasa percaya diri yg rendah cenderung malas didalam melakukan sesuatu (beda dg bermalas - malasan y, klo ini kadang kita emang butuh utk relaksasi), tidak mempunyai achievement orientation dan krg mau berusaha.

Utk mengatasinya bisa dilakukan cara - cara sbb:
-lakukan hal2 yg menurut anda tidak pede utk melakukannya. Lakukan secara bertahap, terus - menerus dg target yg spesifik.Sedikit demi sedikit tetapi jika Anda lakukan secara kontinyu Anda bisa menjadi seseorang yang mahir dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi."Long journey begin with little steps".
-evaluasi setiap pencapaian anda, dan buatlah rencana berikutnya.
-yakin terhadap apa yg kita lakukan dan selalu berusaha semaksimal mungkin. Logikanya bagaimana kita bisa berhasil jika kita tidak yakin pada apa yg kita lakukan, tidak yakin pada kemampuan kita??
-Persiapan. Segala sesuatu yg kita persiapkan dg baik sebelumnya akan membuat kita lebih pede dlm menjalankannya.
-Positive thinking, dg menghargai setiap kemampuan yg kita miliki. Tidak ada manusia yg sempurna, jadi kenapa kita merasa tidak lebih baik dari orang lain?
-Banyak membaca inspirational story, biografi, ataupun success story shg kita bisa terinspirasi dari usaha dan perjuangan mereka.
-Do'a. Sesuatu yg keliatannya sepele namun sering kita lupakan. Setelah kita melakukan semua usaha, selanjutnya adalah menyerahkan hasilnya pada Allah SWT. Tentunya kita ingat, bahwa manusia boleh berusaha, tapi tuhan yg menentukan hasilnya.

No comments: